Pertemuan 2 : PHP

PHP: Hypertext Preprocessor

PHP (Personal Home Page) atau sekarang dikenal dengan Hypertext Preprocessor merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan dari dulu hingga sekarang terutama oleh para web developer. PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
PHP terdiri dari beberapa versi, mulai dari PHP pertama kemudian ada PHP 2.0, PHP 3.0, PHP 4.0 dan PHP 5.0 serta yang paling baru adalah versi 7.0.16 dan 7.1.2. Namun karena perkembangan zaman, PHP yang sering digunakan pada saat ini hanyalah PHP versi 5.0 keatas walau pun masih ada yang menggunakan versi dibawahnya karena keperluan tertentu. Hal yang menjadi penyebab PHP versi 5.0 keatas banyak digunakan adalah karena versi ini sudah mendukung pemrograman yang berorientasi pada objek serta untuk server web PHP versi ini bisa langsing dijalankan tanpa harus menginstal software server terlebih dahulu.
PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas sebagaimana ditentukan oleh dasar sintaks PHP. Apapun di luar pembatas tidak diproses oleh PHP (meskipun teks PHP ini masih mengendalikan struktur yang dijelaskan dalam kode PHP. Pembatas yang paling umum adalah "<?php" untuk membuka dan "?>" Untuk menutup kode PHP.Tujuan dari pembatas ini adalah untuk memisahkan kode PHP dari kode di luar PHP, seperti HTML,Javascript.
Untuk variabel, dalam PHP hanya diawali dengan simbol "$"(dollar). Penulisan fungsi, penamaan kelas, nama variabel bersifat case-sensitive (peka terhadap huruf kapital atau tidaknya). Dua kutip ganda "..." pada PHP berguna untuk penulisan tipe data string dan ada juga yang menggunakan dua kutip tunggal '...'. Perbedaan penggunaan kutip tersebut memberikan perbedaan fungsi, pada dua kutip tunggal kita tidak bisa menambahkan variabel didalamnya sedangkan pada kutip tunggal kita bisa menambahkan variabel di dalamnya.
Bahasa PHP sendiri memiliki kelebihan dari pada bahasa lainnya. Kelebihan PHP antara lain:
  1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
Semua materi tentang PHP ini saya dapat dari Modul Praktikum Pemrograman Web dan dari Wikipedia yang sudah sangat terpercaya sebagai bahan referensi.
Setelah kita mengetahui apa itu PHP dan apa saja yang ada dalam PHP, selanjutnya kita langsung saja praktikan cara penggunaan dan cara menjalankan PHP. Komponen yang harus di sediakan adalah XAMPP dan text editor.
Pertama jalankan XAMPP Control Panel pada laptop. XAMPP ini berguna untuk menjalankan PHP pada localhost.

Selanjutnya jalankan Apache dan MySQL (jika diperlukan) dengan klik start tepat disampingnya.

Jika Apache dan MySQL sudah berubah hijau itu tandanya sudah aktif. Selanjutnya masuk ke contoh source code PHP. Contoh pertama adalah perintah untuk menampilkan Hello World.

Simpan file dengan extensi .php.
Selannjutnya simpan source code ke folder C:\xampp\htdocs.
Panggil file pada browser dengan url http://localhost/hello.php.


Latihan 1

  • Pemakaian variabel

  • Operator Penugasan

  • If-else

  • Switch

  • Do...while

  • Break


Latihan 2
  • Penjumlahan (+)
  • Pengurangan (-)
  • Perkalian (*)
  • Pembagian (/)
  • Modulus (%)
Untuk semua perhitungan diatas menggunakan syntax berikut ini :
Syntax diatas adalah contoh syntax penjumlahan. Untuk melakukan perhitungan lain, syntax diatas hanya tinggal diganti operator penghitunya saja untuk mendapatkan hasil dari perhitungan berbeda. Syntax ini berfungsi untuk menghitung variabel a dan b sesuai operator yang digunakan.

Latihan 3


Syntax ini memliki perintah foreach yang berfungsi untuk mengurutkan urutan angka dari nilai terkecil ke nilai terbesar.

Komentar