Pertemuan 1 : Pemrograman Web

Pengertian Pemrograman Web


Apakah yang dimaksud pemrograman web? Pemrograman web terdiri dari 2 suku kata yakni pemrograman dan web. Menurut Wikipedia, pemrograman dapat diartikan sebagai proses atau cara dari perbuatan program. Sedangkan definisi web adalah jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks, grafik, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Masyarkat lebih mengenal web dengan istilah WWW (world wide web), World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini. WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi. WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP). Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/ dilihat/ diterjemahkan dengan Internet Browser . Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi.
Banyak sekali keuntungan yang didapat dari aplikasi berbasis web dan alasan beberapa perusahaan mulai mengadopsinya adalah :
  1. Akses informasi mudah.
  2. Setup server lebih mudah.
  3. Informasi mudah didistribusikan.
  4. Bebas platform, informasi dapat disajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan.

Pengertian HTTP
Berdasarkan sejarahnya, protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Menurut Wikipedia, HTTP (HyperTextTransfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web(WWW). HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IPke porttertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan diport tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi header yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan body dari data tertentu. Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server mengirim kembali kode jawaban dan sebuah pesan yang diminta, atau sebuah pesan error atau pesan lainnya.


Pengertian Web Browser
Setiap pengguna komputer atau smartphone pasti pernah menggunakan web broser untuk mengunjungi beberapa situs di jaringan. Tapi, apakah yang dimaksud dengan web browser?  berdasarkan kosa katanya web browser terdiri darri 2 kata yaitu web dan browser. Web sendiri menurut Wikipedia adalah adalah jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks, grafik, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. Singkatnya web adalah situs atau halaman yang terhubung di jaringan. Browser sendiri dapat diartikan sebagai media penjelajahan. Jadi, web browser dapat diartikan alat penjelajahan situs atau halaman yang terhubung di jaringan. Apabila dilihat dari fungsinya, web browser adalah ebuah program yang berfungsi sebagai media untuk membuka berbagai macam halaman situs yang ada di jaringan internet. Salah satu contoh web broser yang sering digunakan pada saat ini adalah Google Chrome.


Cara Kerja Web Browser
Sebelum mengakses web, client atau user harus bisa mengoperasikan web browser sebagai alat untuk bias masuk ke situs-situs yang ada.
Client/user mengetikkan sebuah alamat web didalam web browser yang dia gunakan. Setelah itu client menekan tombol enter atau mengklik tanda search pada web browser yang digunakan. Web browser kemudian mengirim sebuah permintaan atau request ke web server melalui protokol-protokol yang diperlukan dalam request ke web server seperti protocol HTTP request. Kemudian web server menerima permintaan dan mencari halaman web atau web file yang ada di dalam server seperti yang direquest. Setelah didapat, web server mengirimkannya kembali web file yang diminta ke user melalui prtokol HTTP response ke web browser yang dugunakan user. Selanjutnya user bisa memakai web file yang diterimanya.
Antara computer client dan web server harus terhubung dan memiliki ip address, tujuannya agar pengiriman permintaan web file dan mengirimkan pemintaan kembali tidak mengalami salah address.


Postman
Menurut sumber yang saya temukan, Postman merupakan sebuah REST client berbasis web yang tersedia dalam bentuk ekstensi pada Google Chrome. fungsi utama postman ini adalah sebagai GUI API Caller namun sekarang postman juga menyadiakan fitur lain yaitu Sharing Collection API for Documentation (free), Testing API (free), Realtime Collaboration Team (paid), Monitoring API (paid), Integration (paid) dan lainnya. Adapun tatacara untuk menambahkan Postman pada web browser Chrome adalah sebagai berikut:
  1. Silahkan buka web browser Google Chrome dan akses/buka Chrome Webstore (https://chrome.google.com/webstore) kemudian cari Postman pada menu pencarian.

  2. Klik add to chrome pada aplikasi postman.

  3. Klik add app dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

  4. Double klik pada aplikasi postman dan pilih launch app dan tunggu beberapa saat.

  5. Login ke postman, jika belum mempunyai akun login saja menggunakan akun google.

  6. Masukan username baru.

  7. Tampilan awal postman.

  8. Nyalakan interceptor pada postman.

  9. Kemudian pilih install.

  10. Buka Chrome dan pilih add to Chrome untuk menambahkan plugin interceptor.


  11. Setelah terpasang nyalakan interceptor pada Chrome.

  12. Tampilan postman saat Chrome mengakses sebuah situs.

Komentar